Thursday, January 30, 2020

Langkah Sederhana Strategi Bisnis Online Menggunakan Facebook

Melakukan strategi penjualan melalui Facebook sebenarnya sudah bukan hal yang baru saat ini, karena melakukan penjualan melalui Facebook sudah dilakukan sejak lama oleh para pelaku bisnis hingga kini.

Sekalipun merupakan hal yang lama, ternyata masih ada sebagian kalangan yang tidak mengetahui akan hal tersebut. Ada juga yang sudah mengetahui dan menjalankannya namun juga belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Strategi Bisnis Online Menggunakan Facebook


Tentu kita sepakat, semua keuntungan yang dihasilkan tidak terlepas dari strategi yang dilakukan. Bila anda masih mengalami kesulitan dalam melakukan promosi melalui Facebook, berikut ini kami berikan strateginya semoga dapat membantu.

1. Perbanyak Pertemenan di Facebook

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah memperbanyak pertemanan pada media sosial tersebut, dengan memiliki teman yang banyak maka peluang untuk mendapatkan keuntungan akan lebih besar terlebih lagi usaha anda akan lebih berkembang di kemudian hari.

Selain itu usahakan membuat halaman Facebook, karena beberapa waktu lalu Facebook memberikan peraturan. Dimana Akun Facebook resmi dilarang untuk berjalan, akan tetapi Facebook telah menyediakan halaman yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan penjualan disana.

2. Rajin Memasarkan Produk Melalui Status

Langkah kedua yakni melakukan promosi melalui status, saat melakukan promosi usahakan barang yang anda jual lengkap dengan descriptionnya, mulai dari pilihan warna, bahan, model, harga, ukuran dan kelebihan dari produk yang anda tawarkan. Dengan memberikan informasi detail akan membuat ketertarikan dari konsumen.

Banyak saat ini para pebisnis online yang melakukan penjualan di Facebook namun mereka tidak tahu bagaimana caranya. Sebab, mereka hanya melakukan postingan tanpa memberikan informasi detail terkait produk yang mereka jual. Jadi informasi yang  ditangkap oleh calon konsumen tidaklah lengkap maka dengan begitu konsumen akan mengalami kesusahan dan tidak menutup kemungkinan mereka mencari yang lain. 

3. Berikan Balasan Komentar pada Pertanyaan dengan Cepat

Adakalanya meskipun anda telah memberikan informasi detail pada produk yang anda tawarkan masih ada orang yang bertanya seperti ; gan ini harganya berapa? atau pertanyaan lainnya. Jika ada pertanyaan terkait dengan produk tersebut usahakan membalasnya dengan cepat.

Baca jugaMudah dan Simple! Strategi Memasarkan Produk Secara Online

Hal ini mungkin sangat sederhana, namun ada baiknya anda selalu membalas setiap komentar orang dengan cepat. Selain membalas dengan fast respon, anda juga dituntut untuk membalasnya dengan sopan dan ramah. Dengan begitu, konsumen akan lebih terkesan kepada anda.

4. Masuk Pada Group Facebook yang Sama Produk Penjualannya dengan Anda

Yang menjalan sebuah bisnis terlebih lagi pada era sekarang ini, dimana mencari pekerjaan tergolong susah membuat orang-orang memutar otak untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah berjualan. Jadi, yang melakukan penjualan produk yang sama dengan anda tentunya banyak. Untuk itu, cobalah untuk bergabung pada group Facebook yang produk penjualannya sama dengan Anda.

Apakah bergabung kepada orang lain yang menjual produk yang sama tidak merugikan? Tentu saja tidak, mengapa? Karena ini akan membuat relasi anda semakin baik dan tidak menutup kemungkinan anda bisa bekerjasama dengan salah satu dari mereka dalam melakukan produk yang sama.

5. Jangkau Pelanggan Anda dengan Iklan Facebook

Untuk strategi yang ini mungkin bagi sebagian orang tidaklah paham. Namun, anda bisa mempelajarinya di internet bagaimana cara beriklan di Facebook. Dapat kami katakan berikan di Facebook adalah salah satu cara yang paling effektif untuk mendapatkan konsumen.

Kenapa metode berikan ini adalah cara yang paling effektif? 

Pernah kah anda mendapati sebuah akun Facebook yang melakukan penjualan, dimana dia memiliki komentar dan like yang sangat banyak? Komentar dan like tidak hanya ratusan kadang kala kita temukan hingga ada ribuan orang yang suka dengan iklan tersebut.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebab, dengan melakukan metode iklan di Facebook ini. Produk yang kita pasarkan akan lebih luas lagi tidak hanya dalam negeri bahkan luar negeri sekalipun, menariknya lagi saat anda melakukan penjualan dengan metode beriklan target atau audiens lebih relevan yang artinya jika anda menjual produk sepatu untuk kalangan anak muda maka iklan tersebut akan menyasar kepada akun-akun tersebut.

Akan tetapi, untuk melakukan metode beriklan di Facebook tidaklah gratis. Diperlukan sebuah dana yang nantinya dana tersebut di transfer ke Facebook untuk biayanya sendiri tergantung jangkauan dan waktu berapa hari anda akan melakukan iklan.

6. Konsisten

Semua apapun yang kita jalankan diperlukan yang namanya konsisten, setuju? Anda tidak harus meluangkan waktu sepanjang hari, tetapi penggemar anda perlu mengetahui bahwa anda ada disana. Atur jadwal yang konsisten untuk berinteraksi dengan mereka.

Anda tidak akan melihat hasil strategi dalam waktu semalam. Ini adalah proses yang harus anda lakukan setiap saat. Tetaplah berusaha dan yakin akan mendapatkan hasil luar biasa dikemudian hari.

Demikianlah Strategi Bisnis Online Menggunakan Facebook yang bisa anda terapkan. Dengan strategi tersebut tidak menutup kemungkinan usaha anda akan lebih cepat berkembang di kemudian hari dan bisa memberikan penghasilan besar kepada anda.

Baca juga Strategi Bisnis Online Menggunakan Instagram

Jelasnya, lakukan semua usaha yang anda lakukan dengan kerja keras, pantang menyerah dan penuh semangat meskipun mendapatkan hasil yang tidak sesuai. Dari sekian usaha yang banyak berkembang saat ini tidak terlepas dari namanya kerja keras.

No comments:

Post a Comment