Sunday, December 1, 2019

Inilah 6 Langkah Strategi Pemasaran Online yang Efektif dan Efisien

Sebuah dunia pemasaran online atau pemasaran digital, setidaknya terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan yakni efektif dan efisien. Mungkin ada beberapa diantara anda yang bertanya apa sih pemasaran online yang efektif dan efisien?

cara memulai bisnis online dengan modal kecil, memulai bisnis online dengan modal kecil, belajar bisnis online bagi pemula, tips dan trik jualan baju online untuk pemula, cara sukses menjadi wirausaha online, cara mengembangkan bisnis kuliner online, bisnis online yang menjanjikan dan terbukti, peluang usaha online rumahan, tips mengembangkan bisnis online di Instagram dan Facebook


Sebelum kita bahas terkait dengan pemasaran online ataupun pemasaran digital, kita bahas terlebih dahulu pengertian dari efektif dan efisien. Dengan ini diharapkan anda lebih memahami terkait erat dengan strategi pemasaran digital.

Menurut dari KBBI (Kamus besar Bahasa Indonesia) Efektif adalah yang bisa membawa hasil sedangkan efisien adalah yang benar atau tepat mengerjakan sesuatu tanpa harus membuang-buang waktu, tenga dan biaya.

Efektif adalah sesuatu yang berhubungan dengan bekerja atau tidaknya strategi tersebut, sedangkan efisien berhubungan dengan tenaga dan biaya. Seorang internet marketer sudah selayaknya mengusai pemasaran online marketing ataupun sebuah strategi pemasaran online yang efektif dan efisien, hal tersebut guna memangkas waktu dan biaya.

7 Langkah Strategi Pemasaran Online yang Efektif dan Efisien


1. Pentingnya Riset Pasar dan Mengetahui Pesaingnya


Hal pertama sebelum melakukan pemasaran online yakni menentukan barang dan mengetahui pesaingnya dengan cara meneliti terlebih dahulu pangsa pasar, jika sudah mengetahui pesaingnya mulailah memikirkan bagaimna cara menyediakan barang yang lebih baik dari yang sudah ada saat itu.

2. Gali Kebutuhan Konsumen Agar Lebih Tertarget


Tidak cukup hanya mengetahui pesaingnya. Sebab anda harus melakukan penelitian juga serta mencari tahu kebutuhan setiap konsumen. Dengan demikian anda bisa memberikan apa yang mereka butuhkan.

3. Bijak Dalam Memberikan Solusi


Jika saat anda melakukan pemasaran online ataupun ofline mendapati masalah dengan calon konsumen yang memiliki berbagai pertanyaan dari kualitas produk ataupun harga yang anda jual, jangan sampai anda terburu-buru memberikan keterangan terlebih anda tidak bisa menjawab dan memutuskan untuk menurunkan harga, sebab konsumen seperti tersebut dapat menjadi pembeli yang potensial.

4. Gunakan Email untuk Strategi Pemasaran Online


Jika anda sering berkunjung ke suatu website baik itu website dalam Negeri ataupu luar Negeri, biasanya terdapat kontak email di sidebar rata-rata beruliskan Follow by Email (Ikuti melalui Email). Jika terdapat kontak tersebut isi saja atau ikuti, maka mereka akan mengirimkan email kepada anda, dan email tersebut bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang anda tawarkan.

5. Pilihlah Penutup Kalimat yang Tepat


Sebuah strategi pemasaran online penutup adalah hal paling penting, karena bisnis anda bisa ditentukan dari pada tahap ini. Jika anda sedikit saja memilih penutup yang kurang tepat tidak menutup kemungkinan calon konsumen kabur ke tempat lain.

6. Melakukan Promosi Silang


Melakukan promosi silang yang dimaksud adalah anda tidak hanya menawarkan satu produk. Contoh halnya, jika anda memiliki produk helm cobalah untuk menawarkan produk lain yang masih berkaitan seperti sarung tangan, jacket, sepatu dan lain sebagainya.

Baca juga : Strategi Sukses Menjadi Miliarder dari Bisnis Online

Itulah 6 langkah dalam strategi pemasaran online yang efektif dan efisien yang bisa anda terapkan untuk bisnis anda baik itu bisnis online ataupun ofline sekalipun. Selamat mencoba dan berhasil.

No comments:

Post a Comment