Monday, November 25, 2019

20+ Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online

Bisnis online dalam perkembangannya memiliki istilah-istilah yang perlu dipahami oleh para pelaku bisnis online. Hal ini menuntut anda untuk berkembang dan terus belajar untuk memajukan bisnis online anda di dunia online. Istilah-istilah baru dalam berbisnis online tentu harus dipahami oleh kedua belah pihak, yakni antara pembeli dan penjual online supaya dapat terjadi transaksi yang lancar.

cara memulai bisnis online dengan modal kecil, memulai bisnis online dengan modal kecil, belajar bisnis online bagi pemula, tips dan trik jualan baju online untuk pemula, cara sukses menjadi wirausaha online, cara mengembangkan bisnis kuliner online, bisnis online yang menjanjikan dan terbukti, peluang usaha online rumahan, tips mengembangkan bisnis online di Instagram dan Facebook


Dalam online shop banyak istilah yang mungkin anda tidak ketahui sebelumnya. Nah, hal ini seringkali membuat banyak orang awam yang bingung dengan bahasa yang sering digunakan oleh para penjual online. Bagi anda yang masih bingung akan istilah-sitilah dalam bisnis online, simak uraian berikut ini.

Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online


1. Buyer


Istilah buyer dalam bisnis online artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu produk.

2. Seller


Nah, seller merupakan kebalikan dari buyer yang artinya penjual atau pemilik bisnis online.

3. COD (Cash On Delivery)


Istilah COD ialah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan bertemu di suatu tempat untuk cek barang dan melakukan pembayaran.

4. Resi


Resi adalah bukti pembayaran secara tertulis, saat seseorang akan mengirimkan barang. Jika anda membeli suatu produk dan telah melakukan transkasi maka mintalah resi anda kepada seller.

5. Booked / Booking


Booked ialah kondisi suatu produk telah dipesan oleh seseorang. Sedangkan booking yaitu kondisi dimana pembeli akan memesan produk si penjual, yang biasanya untuk melakukan booking ini membuthkan DP atau uang jaminan.

6. Sold


Sold memiliki arti bahwa kondisi barang sudah laku terjual.

7. Return


Return artinya mengembalikan, biasanya hal ini dilakukan oleh pembeli ketika mendapatkan produk yang cacat.

8. Refund


Membatalkan transaksi yang sudah disepakati disebut dengan refund.

9. Ready Stock


Ready stock memiliki arti bahwa stok barang yang ada tersedia untuk dipesan oleh calon pembeli.

10. Testimonial


Testimonial atau yang dikenal dengan testi merupakan pernyataan dari pihak pembeli mengenai produk atau jasa yang dijual oleh si penjual. Testimonial ini memiliki fungsi untuk meyakinkan calon pelanggan lain mengenai produk atau jasa yang diperjual belikan.

11. Restock


Restock adalah barang yang ada sedang dalam posisi kosong. Namun pihak penjual akan segera menyiapkan kembali produk yang dalam keadaan kosong tersebut.

12. Reseller


Orang yang menjual barang miliki orang lain kepada pelangganya disebut sebagai reseller.

13. Trusted Seller


Trusted seller memiliki pengertian bahwa penjual terpercaya adalah suatu cap atau pengakuan oleh banyak orang bahwa si penjual adalah seorang penjual yang terpercaya.

14. PO (Pre Order)


Istilah PO ialah proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh seller, pembeli akan membayar terlebih dahulu kemudian seller akan memesankan produk yang dipesan kepada pembeli.

15. Supplier


Pihak yang memberikan pasokan barang untuk dijual kepada si penjual adalah sebutan untuk supplier.

16. DP (Down Payment)


Pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, namun nominal yang dibayarkan tidak seluruhnya dapat dikatakan sebagai DP. Pada umumnya, sistem DP ini digunakan untuk Pre Order.

17. FP (Full Payment)


Nah, istilah FP ini adalah kebalikan dari DP, dimana pembeli melakukan pembayaran secara total sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

18. Ongkir


Ongkir atau yang dikenal dengan ongkos kirim ialah biaya tambahan yang dikenakan oleh pembeli karena pengiriman suatu produk. Jadi dalam proses pengiriman barang diperlukan biaya yang disebut dengan ongkir.

19. Dropship


Dropship memiliki arti yang hampir sama dengan reseller. Namun perbedaannya adalah dropship ini adalah seorang yang menjual produk dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku seller.

20. Hit And Run


Istilah Hit And Run ialah seseorang yang berjanji akan membeli suatu produk, namun orang tersebut malah kabur atau tak kunjung membelinya.

Nah, itulah informasi mengenai istilah-istilah dalam bisnis online yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda ya!

No comments:

Post a Comment