Thursday, November 14, 2019

Strategi Mengembangkan Bisnis UMKM Via Online

Bisnis UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah saat ini tengah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Maka tak heran apabila UMKM adalah kelompok usaha yang paling besar di Indonesia yang berkontribusi sebesar 60 persen dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk dapat menghadapi pasar global tidaklah mudah, sebab produk UMKM akan bersaing dnegan produk dari negara lain. Nah, untuk menyiasatinya, dibutuhkan strategi mengembangkan bisnis UMKM via online supaya bisa bersaing menghadapi pasar global.

Strategi Mengembangkan Bisnis, cara mengembangkan bisnis online


Di zaman canggih seperti sekarang, internet telah menawarkan para bebisnis UMKM dalam melancarkan usaha pemasarannya. Nah, hal ini pun juga diikuti oleh semakin banyaknya konsumen yang berselancar secara online untuk mencari produk atau jasa yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, anda perlu memperluas wawasan mengenai strategi mengembangkan bisnis UMKM via online, berikut ulasannya.

1. Manfaatkan Fitur & Platform Pemasaran Online


Pertahankan posisi bisnis anda dengan memanfaatkan fitur dan platform pemasaran online. Saat ini telah banyak pebisnis yang berinvestasi untuk mengembangkan teknik pemasaran online daripada metode pengiklanan secara tradisional.  Pemasaran online saat ini bersifat lebih kompetitif sebab semakin banyaknya pebisnis dengan brand menarik yang menggunakan fitur-fitur seperti AdWords, SEO (Search Engine Optimization), dan berbagai jenis media sosial lainnya sebagai strategi pemasaran mereka.

Baca jugaPentingnya Menganalisa Persaingan Pasar Bisnis Online

Google Alerts dalam dunia pemasaran online memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan posisi (standing point) di pasar anda. Google Alerts inilah yang memiliki fungsi mengungkapkan strategi pemasaran dan produk terbaru kompetitor anda. Nah, sebagai pengusaha UMKM yang mengharapkan bisnis anda berkembang, tentu anda tidak boleh melewatkan untuk menggunakan perangkat Google Alerts tersebut.

2. Kenali Traffic Market Pelanggan Anda


Strategi mengembangkan bisnis UMKM via online yang kedua ialah dengan mengenali traffic market pelanggan anda. Dengan adanya internet, permasalahan seperti batas geografis tidak lagi menjadi masalah bagi pemasar dan bisnis. Dengan memanfaatkan platform serba online memungkinkan UMKM dapat berinteraksi dengan pasar yang lebih besar. Nah, dengan berbagai fitur yang ditawarkan dari Software tersebut, anda dapat mengolah data Traffic Market anda secara otomatis. Selain itu juga dapat realtime untuk terhubung dengan orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan anda.

3. Manfaatkan Word of Mouth


Langkah ketiga anda bisa memanfaatkan Word of Mouth dari situs web, media sosial dan platform lainnya. Untuk meningkatkan profitabilitas dan pendapatan penjualan bisnis anda, mendapatkan pelanggan baru sangatlah penting. Nah, kiat pemasaran online untuk mencapai tujuan tersebut dengan mudah anda dapatkan melalui situs web, media sosial, Youtube dan lain-lain.

4. Raih Review Positif di Platform Reviewer


Bisnis anda dapat masuk di platform reviewer seperti Google Place, Tripadvisor dan lainnya sehingga calon konsumen anda tidak akan kesulitan menemukan dan memberi review terhadap bisnis anda. Nah, calon klien anda akan mempelajari bisnis anda melalui berbagai review yang tertinggal di akun media sosial maupun situs web anda. Review dan peringkat yang dihasilkan, akan mencerminkan dan membangun reputasi bisnis anda.

5.  Maksimalkan Peran Customer Service


Strategi terakhir dalam mengembangkan bisnis UMKM via online yakni dengan meningkatkan jasa cutomer service. (CS) anda. Terlibat lebih baik bersama klien dengan fitur chat online tentu akan memberikan User Ecperience khusus pagi pelanggan

Baca jugaDaftar Bisnis Online Jutaan Modal Kecil Berawal dari Instagram

Itulah beberapa strategi mengembangkan bisnis UMKM via online yang dapat dimasukkan dalam strategi pemasaran online bisnis anda. Semakin anda kreatif dan fleksibel dalam memasarkan bisnis UMKM anda, semakin banyak pula pelanggan yang datang untuk membeli produk anda. Selamat mencoba ya!

No comments:

Post a Comment