Saturday, November 16, 2019

6 Langkah Awal Menjalankan Bisnis Dropship

Apakah anda sedang ingin terjun ke dunia bisnis online ? Internet memang memiliki banyak cara yang dapat dimanfaatkan unuk meraup keuntungan. Ya, salah satunya adalah dengan berjualan online. Cara inilah yang paling banyak diminati oleh masyarakat di zaman yang serba canggih ini.

cara memulai bisnis online dengan modal kecil, memulai bisnis online dengan modal kecil, belajar bisnis online bagi pemula, tips dan trik jualan baju online untuk pemula, cara sukses menjadi wirausaha online, cara mengembangkan bisnis kuliner online, bisnis online yang menjanjikan dan terbukti, peluang usaha online rumahan, tips mengembangkan bisnis online di Instagram dan Facebook


Bisnis online jenis apa yang paling banyak diminati masyarakat di era modern ini ? Ya, tak lain dan tak bukan adalah bisnis dropship. Apa sih bisnis dropship itu ? Bisnis online yang tidak memerlukan modal banyak dan anda tidak perlu repot mengelola barang. Dropship merupakan sistem bisnis menjual produk dari supplier tanpa harus memiliki stok produk itu sendiri. Nah, dropship bisa menjadi salah satu pilihan anda untuk sebagai langkah awal menjadi pebisnis yang sukses.

Baca jugaIde Bisnis Online Paling Menjanjikan Bagi Generasi Muda

Lalu bagaimana cara memulai bisnis dropship ? Menjadi seorang dropshipper memang cukup mudah. Namun jika anda belum mengetahui langkah-langkahnya tentu akan sulit bukan ? Untuk itulah simak artikel ini mengenai 6 langkah awal menjalankan bisnis dropship.

1. Pilih Produk


Langkah utama dalam menjalankan bisnis dropship ialah memilih produk untuk anda pasarkan. Usahakan anda memahami target pasar dan pilih produk yang banyak diminati masyarakat.
Nah, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih produk ? Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang memberikan peluang keuntungan cukup besar. Yang kedua ialah pilih  produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Terakhir ialah pilih produk yang sering dicari dan menjual produk yang tidak mudah ditemukan oleh pelanggan anda di wilayah tertentu.

2. Meriset Kompetitor


Langkah selanjutnya ialah anda harus ingat bahwa anda tidak hanya bersaing dengan sesama dropshipper saja, namun juga dengan retail lainnya seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Nah untuk hal ini anda tidak perlu takut untuk bersaing, sebab dengan adanya kompetitor dapat menjadi tanda bahwa produk yang anda jual memiliki permintaan yang sangat tinggi.

3. Memilih Supplier yang Tepat


Mengapa harus memilih supplier yang tepat ? Sebab, jika anda salah memilih supplier maka bisa mengacaukan seluruh tatanan bisnis yang sedang anda rintis. Anda harus melihat kemampuan produksi supplier jika ingin bisnis anda berkembang dengan baik. Selain itu, kualitas produk, respon yang tanggap dan ketepatan waktu pengiriman haruslah diperhatikan dengan baik agar tidak mendapat komentar negatif dari pembeli.

4. Membuka Toko Online


Langkah selnajutnya yakni memasarkan produk anda dengan memanfaatkan platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Anda juga bisa menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

5. Menarik pelanggan


Bisnis yang baru anda kembangkan dapat gulung tikar jika tidak ada pelanggan. Nah, untuk itulah anda perlu menarik pelanggan dengan beberapa cara seperti memberikan diskon, promo atau memanfaatkan iklan di sosial media. Anda bisa melakukan promosi melalui Facebook, karena faceebok memberi kemungkinan untuk mengirimkan iklan pada audiens yang tertarget. Namun untuk lebih optimal, gunakan SEO dan email marketing. Cara ini sangat efektif untuk menarik pelanggan tanpa harus menambah anggaran marketing.

6. Analisa dan Optimalisai


Nah, langkah terakhir dalam menjalankan bisnis dropship ialah melakukan evaluasi apa yang telah dikerjakan. Jika anda menggunakan Facebook sebagai media promosi, maka lihat Google Analytic dan Facebook conversion pixel data untuk melihat seluruh data dan grafik.

Baca juga Pentingnya Menganalisa Persaingan Pasar Bisnis Online

Itulah 6 langkah awal menjalankan bisnis dropship. Sebagai seorang dropshipper tidak hanya modal produk dan supplier unggul saja yang harus anda perhatikan. Namun teruslah bekerja dengan tekun dan berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan bisnis dropship anda.

No comments:

Post a Comment