Sunday, November 17, 2019

3 Langkah Membangun Brand Produk UMKM

Semua orang pasti menginginkan kesuksesan dalam berbisnis bukan ? Ya, dan dari sekian banyaknya faktor kesuksesan dalam berbisnis, cara menjual produk adalah salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar. Hanya saja, menjual produk bagi para pemula di dunia bisnis seringkali tidak dimengerti. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai 3 langkah membangun brand produk UMKM agar anda tidak lagi merasa bingung dalam menjankan bisnis UMKM yang baru anda rintis.

cara memulai bisnis online dengan modal kecil, memulai bisnis online dengan modal kecil, belajar bisnis online bagi pemula, tips dan trik jualan baju online untuk pemula, cara sukses menjadi wirausaha online, cara mengembangkan bisnis kuliner online, bisnis online yang menjanjikan dan terbukti, peluang usaha online rumahan, tips mengembangkan bisnis online di Instagram dan Facebook


Bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupkan bisnis yang dianggap memiliki daya tahan kuat menghadapi pergolakan ekonomi global daripada sektor bisnis lainnya. Produk UMKM dapat mengalahkan dan bersaing dengan produk perusahaan dalam pasar yang sangat kompetitif. Bagaimana caranya ? Yakni dengan membangun brand produk UMKM .

Baca juga : Strategi Mengembangkan Bisnis UMKM Via Online

Dalam melakukan penjualan produk, branding merupakan hal penting yang menjadi faktor kesuksesan berbisnis. Oleh karena itu, jika ingin memenangkan pasar, anda sebagai pelaku UMKM dituntut untuk melakukan branding yang kuat pada produk anda agar memiliki nilai jual yang baik. Berikut 3 langkah membangun brand produk UMKM yang dapat anda terapkan untuk menjaring target pasar.

1. Membangun Identitas yang Otentik


Langkah utama untuk membangun brand produk UMKM ialah dengan membangun identitas yang otentik. Yakni dengan menciptakan produk yang berbeda dengan kompetitor. Branding yang otentik dapat menjadikan perusahaan anda cepat dikenal sehingga mudah berkembang secara luas.
Nah, dengan branding yang kuat, identitas bisnis yang anda ciptakan akan semakin baik pula. Dengan begitu, di masa mendatang target pasar anda akan berebut untuk bisa mendapatkan produk anda tanpa anda perlu repot-repot megeluarkan biaya untuk melakukan promosi produk UMKM anda.

2. Memperhatikan Komponen Kecil dalam Branding


Memperhatikan komponen kecil dalam branding adalah hal yang sangat penting untuk dapat mendorong produk UMKM anda menjadi semakin berkembang. Apa saja komponen kecil tersebut ?
Anda harus mempertimbangkan desain packaging, menentukan desain dan warna logo, meciptakan tagline, dan sebagainya. Komponen-komponen kecil yang terlihat tidak begitu penting ternyata akan membantu anda dalam membangun brand yang kuat. Sehingga, mempertimbangkan hal-hal yang demikian sangatlah diperlukan untuk mengambil keputusan.

3. Membangun Ruang Produksi Terbuka


Langkah terakhir dalam membangun brand produk UMKM ialah membangun ruang produksi terbuka. Menciptakan brand yang dapat diterima oleh masyarakat secara luas, adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat anda lakukan pada bisnis UMKM. Strategi ini sangat efektif untuk membangun identitas produk terhadap konsumen dan menunjukkan keaslian bisnis bahwa produk yang anda jual memang benar-benar dirpoduksi sendiri. Nah, selanjutnya anda juga dapat berupaya menciptakan tempat produksi terbuka yang dapat memberikan pengetahuan dan informasi secara langsung kepada pelanggan.

Itulah 3 lagkah membangun brand produk UMKM anda agar dikenal oleh pasar secara luas. Dengan melalui branding yang kuat, bukan tidak mungkin konsumen anda akan semakin meningkat dari wkatu ke waktu dan terdoorng untuk melakukan transaksi.

Baca juga Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Zaman Milenial

Nah, jika anda telah berhasil mendorong konsumen untuk melakukan transkasi, anda dapat melakukan langkah selanjutnya yakni mengupayakan kemudahan dalam bertransaksi. Hal ini ditujukan agar calon pembeli dapat langsung membayar pesanannya saat itu juga. Anda dapat melakukan transaksi dalam berbagai metode pembayaran, yaitu melalui transfer bank, kartu krediy, virtual account atau retail outlet seperti Alfamart. Memudahkan konsumen dalam tranksaksi pembayaran dapat memudahkan anda mengembangkan bisnis UMKM yang anda jalani.

No comments:

Post a Comment