Home / Offline Marketing / Tips Sukses Membuat Bazar

Tips Sukses Membuat Bazar

Tips Sukses Membuat Bazar

Bazaar adalah salah satu kegiatan yang dapat di gunakan untuk memasarkan produk, baik produk UMKM maupun produk barang lainya. Bazaar biasanya dilakukan pada hari libur nasional sebagai ajang, rutin setiap tahunnya. Dengan menggunakan dekorasi menarik, bazaar bisa menarik perhatian pengunjung untuk datang melihat-lihat dan membeli produk yang dijajakan di sana.

Bazaar memang bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berjualan, mudah dan cepat untuk mendapatkan pelanggan. Namun perlu diingat bahwa membuat sebuah Bazar ini tidak sesederhana yang kita pikirkan. Berikut adalah tip dasar untuk mulai merencanakan bazaar:

Sesuaikan tema bazaar
Agar barang dagangan Anda terjual dengan baik dan diserbu oleh pelanggan. Anda perlu mempertimbangkan tema untuk bazaar yang akan anda buat, sesuaikan bazaar yang akan Anda buat dengan berbagai produk yang Anda tawarkan. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai target pasar yang telah ditentukan.

Tentukan waktu Bazar
Waktu terbaik untuk melakukan bazaar biasanya pada liburan atau akhir pekan panjang. Tanggal yang biasanya banyak digunakan untuk acara bazar biasanya setelah tanggal 25 (tanggal dimana umumnya karyawan sudah gajian), hal ini sangat berpengaruh karena daya beli masyarakat umumnya tinggi pada saat tanggal-tanggal tersebut.

Survey Lokasi Bazar
Lokasi bazar sangat penting untuk melakukan kegiatan Bazar. Pilih tempat dimana mudah untuk dijangkau oleh target pasar anda. Anda bisa memilih lokasi parkir yang mudah dijangkau oleh konsumen, sehingga peluang pasar juga lebih besar. Selain mudah di jangkau biaya untuk menyewa tempat juga relatif terjangkau.

Siapkan Perlengkapan Bazar
Siapkan perlengkapan penunjang untuk melakukan bazar seperti, kartu nama, materi promosi (brosur, selebaran, baners, dll). Perlengkapan ini yang nantinya akan di gunakan untuk menarik peserta serta penggunjung bazar.

Buat Promosi
Promosi merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan sebuah acara bazar. Anda dapat melakukan promosi dengan membagikan selebaran, membuat iklan di berbagai media, sosial maupun cetak.

Tambah Acara Pendukung atau Hiburan
Acara pendukung merupakan cara yang di gunakan untuk menghilangkan kebosanan pelanggan serta menarik perhatian calon pelanggan. Acara yang hanya berisi jualan barang dagangan saja tidak akan dapat menarik perhatian pengunjung. Oleh karena itu acara hiburan menurut saya wajib ada dalam sebuah bazar. Anda perlu menambahkan rangkaian acara lainnya, seperti pertunjukan musik, talk show, kuis, dll.

Kumpulkan Semua Data
Setelah acara bazar anda selesai kumpulkan semua data yang di dapat baik dari buku tamu maupun data lainya. Data ini nantinya akan berguna lagi saat anda akan mengadakan acara bazar selanjutnya.

Sekian beberapa tips sukses membuat bazar yang bisa Anda coba, selamat mencoba dan semoga dapat berjalan dengan sukses.

Terimakasih telah membaca StrategiPemasaranOnline.com kritik dan saran dari anda akan sangat membantu kami dalam rangka meningkatkan kualitas konten Marketing dari website kami.

About septian

Saya adalah seoran SEO Expert di sebuah perusahan pemasaran online terkemuka di Kota Semarang.

Check Also

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Super Cepat

Cara Meningkatkan Penjualan Produk Makanan Ringan Super Cepat

Berkecimpung dalam industri makanan untuk sebagian orang di anggap sangat menyenangkan salah satunya berkecimpung di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf Ya Dilarang Klik Kanan :)