Home / Seputar Strategi Pemasaran / 4 Cara Paling Efektif Promosi Produk di Instagram

4 Cara Paling Efektif Promosi Produk di Instagram

Kemajuan teknologi memang berhasil menggeser banyak hal, termasuk cara orang menjalankan bisnis. Kini, makin banyak pengusaha yang memasarkan produknya melalui media sosial, seperti Twitter, Facebook maupun Instagram.

Instagram mungkin merupakan platform media sosial yang cocok untuk kamu gunakan sebagai media promosi produk atau layanan bisnis milik mu. Social media ini ternyata cukup memiliki banyak pengguna di Indonesia, bahkan berdasarkan informasi yang dirilis TNS, perusahaan riset dan analisa Inggris. Indonesia merupakan negara pengguna Instagram ketiga terbesar di dunia.

Berikut merupakan beberapa tips sederhana cara promosi di Instagram:

1. Optimalkan Profil Instagram Bisnismu

Hal pertama yang akan dilihat oleh user Instagram yaitu tampilan profil mu. Optimalkan kredibilitas profil Instagram mu dengan memberikan keterangan singkat mengenai bisnis mu. Jangan lupa untuk menyertakan gambar profil yang mewakili identitas brand bisnuis mu, berikut kontak email, telepon, hingga link website bisnis mu.

2. Kenali Segmen

Berdasarkan data, pengguna Instagram di Indonesia rata-rata adalah kaum wanita. Dengan demikian, jika kamu menjual produk untuk wanita atau kebutuhan anak dan bayi, maka kamu bisa mencoba Instagram sebagai sarana promosi. Apa untungnya sih kita mengenal segmen? Dengan mengetahui segmen, kamu bisa lebih mudah menciptakan konten. Hal yang harus selalu kamu ingat, Instagram sangat mengandalkan kekuatan visual atau gambar. Dengan gambar yang memiliki resolusi baik dan menarik , tentunya akan menarik minat orang untuk menjadi followers mu.

3. Endorsement

Cara promosi yang satu ini memang sudah sangat akrab bagi para penggian online shop sampai sekarang. Endorsement bisa dilakukan oleh arsit, public figure, atau selebgram yang mempromosikan brand tertentu. Tarif yang dikenakan untuk endorsement brand cukup bervariasi tergantumg dari jumlah followers dan jasa yang diambil. Selain endorsement, paid promote adalah istilah yang cukup dikenal bagi penggiat online shop. Saat ini cukup banyak selebgram dan akun public yang membuka jasa PP ini dimana mereka hanya menerima dan memposting gambar serta caption dari online shop yang akan dipromosikan dengan jumlah fee tertentu.

4. Hashtag

Kamu tidak ingin mengeluarkan banyak anggaran? Kalau begitu, menggunakan hashtag adalah salah satu cara yang cukup efektif akun online shop untuk ditemukan calon konsumen. Tapi hashtag dan postingan foto harus sesuai dengan produk jualan mu. Misalnya anda menjual baju, bisa menggunakan hashtag #baju #jual bajuonline dan sebagainya. Rajin memposting foto, minimal sehari sekali juga bisa meningkatkan awareness calon pelanggan terhadap produk yang kamu jual. Sebaiknya kamu membuat jadwal posting, sehingga tidak terkesan spamming. Selain hashtag, cara gratisan lainnya adalah dengan teknik SFS ( shoutout for shoutout) atau saling promo sesama online shop.

About septian

Saya adalah seoran SEO Expert di sebuah perusahan pemasaran online terkemuka di Kota Semarang.

Check Also

Penonton, Pengguna, Pengakses Youtube Terbanyak Berasal Dari Negara InI

Penonton, Pengguna, Pengakses Youtube Terbanyak Berasal Dari Negara InI

YouTube adalah salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, YouTube juga merupakan cara untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf Ya Dilarang Klik Kanan :)